Walhi Desak Pemerintah Segera Buat Fasilitas serta Evakuasi Ibu Hamil dan Bayi

Daerah
Typography

akarta - Bencana Kabut Asap semakin membahayakan bagi masyarakat. Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) pun mendesak pemerintah segera menyiapkan fasilitas evakuasi untuk para korban bencana asap di Sumatera dan Kalimantan.

Menurut Direktur Eksekutif Nasional Walhi Abetnego Tarigan saat ini pemerintah harus segera memfokuskan untuk melakukan penanganan warga secepat mungkin. Karena kondisi asap yang semakin tebal dan membahayakan bagi warga di wilayah Sumatera dan Kalimantan.

"Negara harus segera mempersiapkan fasilitas itu dalam memastikan keselamatan warga negara. Karena dalam UU 45 Pasal 28 A tentang Hak Asasi Manusia (HAM) bahwa masyarakat berhak untuk hidup dan mempertahankan hidup dan kehidupannya," ujar Abetnego saat berbincang dengan detikcom, Sabtu (24/10/2015).

Abetnego mengatakan, realitas yang terjadi di lapangan ialah hanya orang-orang yang berpengasilan menengah ke atas saja yang mampu mengamankan dirinya sendiri. Sedangkan untuk masyarakat bawah mereka lebih memilih bertahan karena tidak memiliki kendaraan untuk berpindah.

"Untuk itu pemerintah harus benar-benar segera mempersiapkan dan menyiapkan fasilitas. Karena kebakaran hutan ini terlihat akan terus bertambah karena peluang hujan turun baru terjadi pada bulan November," terang Abetnego.